ISLAMIC FAMILY COUNSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KELUARGA DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA

Lailatul Widha, NIM. 16220086 (2020) ISLAMIC FAMILY COUNSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KELUARGA DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAMIC FAMILY COUNSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KELUARGA DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220086_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ISLAMIC FAMILY COUNSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KELUARGA DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220086_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kantor layanan konseling keluarga yang beroperasi di pusat perbelanjaan umum dengan menggunakan Islamic Family Counseling dalam mengatasi problematika keluarga, yang diberikan kepada masyarakat umum dengan layanan konseling secara cuma-cuma alias gratis. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahap-tahap Islamic Family Counseling dalam mengatasi problematika keluarga di Pusat Kaunseling Majlis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitan lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, rekaman hasil wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan konselor yang menggunakan Islamic Family Counseling dalam menangani kasus problematika keluarga, staf operasional, dan eksekutif pelatih dakwah (konselor lapangan) Pusat Kaunseling Majlis Agama Islam Negeri Sembilan cabang Seremban. Uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahap-tahap dalam Islamic Family Counseling terdapat lima tahap yaitu Attending dan Membangun Rapport, Penggalian Permasalahan, Merangkum Masalah, Pemecahan Masalah, Penilaian dan Penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Islamic Family Counseling, Problematika Keluarga
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 12:35
Last Modified: 05 Jan 2021 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum