REHABILITASI SOSIAL TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Syifa Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi )

Indriani Rian Sahputri, NIM. 12250099 (2020) REHABILITASI SOSIAL TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Syifa Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Syifa Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi ))
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Syifa Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi ))
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Mengingat semakin pesatnya usaha pembangunan,modernisasi dan industrialisasi yang berakibatkan semakin kompleksnya masyarakat, maka banyak muncul masalah-masalah dan gangguan / disorder mental di kota-kota besar. Makin banyaklah warga masyarakat yang tidak mampu melakukan penyesuaian diri dengan cepat terhadap macam-macam perubahan sosial. Mereka itu mengalami banyak frustasi, konflik-konflik terbuka / eksternal dan internal,ketegangan batin dan menderita gangguan mental / gangguan jiwa. Gangguan jiwa merupakan salah satu permasalahan sosial yang harus diselesaikan dengan kerjasama antara pemerintah, dinas sosial, lembaga pelayanan rehabilitasi sosial dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi serta mendeskripsikan mengenai kegiatan proses Rehabilitasi Sosial Terhadap Penderita Gangguan Jiwa (Studi kasus di Pondok Pesantren As-Syifa Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi) serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Rehabilitasi Sosial tersebut. Lembaga Rehabilitasi As-syifa merupakan lembaga yang memberikan layanan pengobatan dan penyembuhan terhadap pasien gangguan jiwa serta memberikan layanan rehabilitasi sosial yang berlatar belakang Pondok Pesantren. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses wawancara peneliti melakukan wawancara terhadap 8 informan yang berhubungan dengan kegiatan Rehabilitasi Sosial. Hasil penelitian dalam proses rehabilitasi sosisal yang dilakukan oleh Pondok Pesantren As-syifa yaitu adanya registrasi pasien, observasi dan isolasi pasien, pengobatan kepada pasien, seleksi pasien, pelatihan ketrampilan kerja dan evaluasi, serta adanya faktor pendukung serta penghambat kegiatan rehabilitasi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi sosial, Gangguan jiwa, Pondok Pesantren As-Syifa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 14:11
Last Modified: 05 Jan 2021 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41805

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum