ADVOKASI HAK-HAK DASAR BURUH GENDONG PEREMPUAN OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA

Laras Tiyan Permatasari, NIM. 15250040 (2020) ADVOKASI HAK-HAK DASAR BURUH GENDONG PEREMPUAN OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADVOKASI HAK-HAK DASAR BURUH GENDONG PEREMPUAN OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA)
15250040_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ADVOKASI HAK-HAK DASAR BURUH GENDONG PEREMPUAN OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA)
15250040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Advokasi Hak-Hak Dasar Buruh Gendong Perempuan Oleh Yayasan Annisa Swasti (Yasanti) di Pasar Giwangan Yogyakarta. Advokasi dilatarbelakangi oleh adanya berbagai persoalan yang dihadapi oleh buruh gendong akibat dari belum diakuinya profesi buruh gendong sehingga membuat mereka tidak mendapatkan perlindungan hak-haknya. Yasanti hadir untuk membantu buruh gendong berjuang dalam mendapatkan hak-haknya sebagai perempuan pekerja melalui tindakan advokasi. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang adalah Teori Tinjauan tentang Advokasi dan Tinjauan Hak-Hak Pekerja Informal. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, model data dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa advokasi yang dilakukan melalui tiga langkah. Pertama, membentuk lingkar inti advokasi. Kedua, menentukan issu strategis. Ketiga, strategi advoksai yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu: membangun basis gerakan, membangun jaringan, membentuk opini publik dan melakukan lobbi kepada pemerintah. Advokasi yang telah dilakukan sampai saat ini memang belum menghasilkan tujuan utama yaitu produk hukum yang melindungi buruh gendong. Akan tetapi, perjalanan Yasanti dalam mendampingi buruh gendong telah meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan demikian, Yasanti sebagai LSM telah membantu buruh gendong dalam pemenuhan hak-haknya sebagai perempuan pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP., MSW.
Uncontrolled Keywords: Advokasi, Strategi, Yayasan Annisa Swasti, Buruh Gendong, Hak Dasar Pekerja.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 14:25
Last Modified: 05 Jan 2021 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum