KEBERFUNGSIAN SOSIAL BURUH PABRIK PT GIRI TIRTA MULYA (Studi Kasus Buruh Asal Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul)

Siti Khomariyah, NIM. 16250044 (2020) KEBERFUNGSIAN SOSIAL BURUH PABRIK PT GIRI TIRTA MULYA (Studi Kasus Buruh Asal Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL BURUH PABRIK PT GIRI TIRTA MULYA (Studi Kasus Buruh Asal Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul))
16250044_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL BURUH PABRIK PT GIRI TIRTA MULYA (Studi Kasus Buruh Asal Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul))
16250044_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Keberfungsian sosial merupakan kemampuan individu, keluarga, kelompok atau masyarakat dan sistem sosial (lembaga dan jaringan sosial) dalam memenuhi/merespon kebutuhan dan hak dasarnya, menjalankan peranan sosial, serta menghadapi goncangan dan tekanan (shocks and stresses) dalam hidupnya. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang keberfungsian sosial buruh pabrik PT Giri Tirta Mulya yang berasal dari Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul ketika dihadapkan dengan upah yang tidak sesuai dengan UMK yang telah ditetapkan Pemerintah. Upah kerja yang tidak sesaui UMK yang diberikan perusahaan terhadap buruh pabrik tersebut berpengaruh pada keberfungsian sosial buruh. Kondisi ini memicu gerakan buruh untuk menyerukan protes dan memperjuangkan hak-hak buruh. Namun kondisi ini berbeda dengan buruh pabrik PT Giri Tirta Mulya yang tidak melakukan gerakan dan mampu menerima tindakan perusahaan meskipun dinilai merugikan buruh. Melihat kondisi para burh maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberfungsian sosial buruh pabrik PT Giri Tirta Mulya yang berasal dari Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung terhadap buruh pabrik PT Giri Tirta Mulya asal Desa Bleberan, Kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan, validasi dalam penelitian ini menggunakan teknik triagulasi dengan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan PT Giri Tirta Mulya sebagian besar indikator keberfungsian sosial dapat dijalankan oleh buruh pabrik PT Giri Tirta Mulya yang berasal dari Desa Bleberan. Keberfungsian sosial tersebut dilihat dari 3 indikator yaitu memenuhi kebutuhan dasar, menjalankan peran sosial, dan menghadapi goncangan dan tekanan (shocks and stresses). Pemenuhan kebutuhan dasar para buruh secara garis besar sudah terpenuhi jika dilihat dari pengeluaran keluarga, kemampuan menjangkau tingkat pendidikan (human capital), kemampuan menjangkau perlindungan dasar (security capital), kebutuhan fisiologis, rasa aman, dan pengakuan dan kasih sayang. Kemudian dalam menjalankan peran sosial pemenuhannya rata-rata sudah mampu menjalankan peran namun tingkat pemenuhannya tidak sama dari masing-masing buruh. Sedangkan di indikator ketiga adalah menghadapi goncangan dan tekanan masing-masing buruh memiliki strategi yang berbeda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keberfungsian Sosial buruh pabrik asal Desa Bleberan, PT Giri Tirta Mulya, Kebutuhan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 14:35
Last Modified: 05 Jan 2021 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum