PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN: Studi Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan

Mr. Afwan Samartdee, NIM. 15230087 (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN: Studi Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN: Studi Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan)
15230087_BAB-I-IV-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN: Studi Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan)
15230087_BAB-II-sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Pondok Pesantren Islahiyah sebagai pusat pengembangan Agama Islam di Thailand Selatan dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wahana bagi terbentuknya pribadi muslim yang berilmu, berhaluan Ahlul Sunah Wal Jamaah, berakhlak mulia, berjiwa khidmah, mandiri, dan berwawasan. Kebangsaan dan misi menyelenggarakan pendidikan formal dan non formal, melaksanakan pengabdian melalui pembinaan keagamaan dan pemberdayaan perekonomian santri dan masyarakat. Lembaga pendidikan dan sosial kemasyarakatan Saiburi, menjadi institut pendidikan modern dan sosial keagamaan terkemuka di Pattani Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan. Fokus penelitian adalah pelaksanaan pemberdayaan masyarakat berbasis pesantren beserta faktor pendudukung dan penghambat kegiatan pemberdayaan di Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab), Pattani, Thailand Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan sebuah perubahan sosial terhadap masyarakat sekitar. Penyadaran kepada masyarakat akan suatu masalah yang dihadapi dengan memberikan alternatif program atau kegiatan pengembangan kepada masyarakat merupakan suatu model pemberdayaan guna menunju kesejahteraan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab) yaitu Syarat awal pemberdayaan paling tidak tersedianya SDM dari masyarakat, pengembangan pemberdayaan, kemudian adanya kerja sama dari pihak lain sebagai penguat kegiatan pemberdayaan. Adanya faktor-faktor tersebut juga dapat menjadikan bahan evaluasi terhadap kegiatan agar menjadi lebih baik. Namun beberapa faktor pendukung dan penghambat terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Pondok Pesantren Islahiyah (Sayab) Thailand Selatan sebagai berikut: terdapatnya contoh kongkrit tentang pemberdayaan masyarakat, adanya partisipasi masyarakat, memiliki intensif dalam kegiatan setiap unitnya, mempunyai basis pendukung yang solid, terdapat tempat akses informasi, mempunyai daya dorong dan gagasan baru setiap perkembanganya dan adanya bimbingan kepada para santri untuk melakukan berbagai pelatihan. Begitu juga untuk faktor penghambat masyarakat kurang pemahaman terhadap program-program pemberdayaan, adanya fanatisme dan image negatif terhadap Pondok Pesantren dalam melakukan proses pengembangan dan pemberdayaan, kurangnya silaturahmi dan dialog terbuka dalam berbagai kesempatan dan belum lengkapnya informasi yang mereka terima terkait metodologi pengembangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Jan 2021 13:59
Last Modified: 06 Jan 2021 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41819

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum