PENERAPAN METODE YANBU'A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN H amp;#803;USNUT TILAWAH PAYAMAN MEJOBO KUDUS

FITRI RAHMAWATI NIM. 04410722, (2010) PENERAPAN METODE YANBU'A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN H amp;#803;USNUT TILAWAH PAYAMAN MEJOBO KUDUS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN ḤUSNUT TILÂWAH PAYAMAN MEJOBO KUDUS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (646Kb)
[img] Text (PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN ḤUSNUT TILÂWAH PAYAMAN MEJOBO KUDUS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (275Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada masa sekarang ini kebanyakan orang tua kurang memberi pelajaran al-Qur'an pada anak karena orang tua sendiri tidak bisa membaca al-Qur'an. Padahal, al-Qur'an merupakan salah satu materi yang harus diajarkan sejak dini agar anak terbiasa berdampingan dengan al-Qur'an. TPQ hadir sebagai salah satu solusi untuk memberikan pembelajaran al-Qur'an pada anak-anak. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, untuk itu metode Yanbu'a digunakan di TPQ Hu amp;#803;usnut Tilawah agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Yanbu'a dan apa saja faktor yang berpengaruh dalam penerapannya pada pembelajaran baca tulis al-Qur'an di TPQ H amp;#803;husnut Tilawah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode Yanbu'a dalam pembelajaran baca tulis al-Qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TPQ H amp;#803;usnut Tilawah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengaadakn pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dua modus, sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode Yanbu'a dalam pembelajaran baca tulis al-Qur'an siswa jilid 1 sudah mengikuti seperti yang ada dalam panduan metode Yanbu'a. Materi yang diajarkan diutamakan materi membaca dari pada menulis. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran individual. (2) Faktor yang berpengaruh dalam penerapan metode Yanbu'a yaitu faktor guru, faktor siswa, dan faktor media. Kompetensi sosial dan kepribadian guru sudah ditunjukkan melalui sikap guru dalam menghadapi siswa ketika kegiatan pembelajaran. Kompetensi profesional guru perlu ditingkatkan lagi terutama untuk penguasaan materi. Siswa sudah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik walaupun ada beberapa siswa yang tidak menuruti perintah guru. Media pembelajaran yang digunakan yaitu papan tulis dan kitab yanbu'a.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran baca tulis al Qur'an, Penerapan metode Yanbu'a
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 10:45
Last Modified: 03 Sep 2012 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item