Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sentra Batik Mangrove : Studi Proses dan Dampak Bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Dukuh Pandansari, Kabupaten Brebes

Sri Rokhimah, NIM. 16230027 (2020) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sentra Batik Mangrove : Studi Proses dan Dampak Bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Dukuh Pandansari, Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sentra Batik Mangrove : Studi Proses dan Dampak Bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Dukuh Pandansari, Kabupaten Brebes)
16230027_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sentra Batik Mangrove : Studi Proses dan Dampak Bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Dukuh Pandansari, Kabupaten Brebes)
16230027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sentra Batik Mangrove merupakan suatu industri batik yang mana dalam pembuatannya menggunakan bahan pewarna alami dari mangrove yang sudah mati dan tanaman lain seperti mahoni, indigo, dan lain sebagainya. Tujuan dalam penggunaan pewarna alami adalah agar Kabupaten Brebes memiliki produk batik yang berbeda dari sebelumnya yaitu Batik Salem yang menggunakan pewarna sintetis, selain itu agar tidak adanya pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan dampak pemberdayaan dari adanya Sentra Batik Mangrove khususnya bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Dukuh Pandansari, Kabupaten Brebes. Teknik Penentuan informan adalah menggunakan teknik sequential. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian data menggunakan teknik triangulasi sumber kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimulai dari proses pemberdayaan yang diawali dari tahapan perencanaan yaitu mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk kedepannya, dalam hal ini dari mulai mempersiapkan orang yang akan mengembangkan, kemudian permodalan yang dibutuhkan guna menjalankan usaha sentra batik mangrove tersebut. Sementara itu, untuk penentuan lokasi tetap berada di Dukuh Pandansari karena lokasi ini sangat tepat jika terdapat sentra batik mangrove karena berada didalam lokasi Desa Wisata. Dalam proses sosialisasi, sentra batik mangrove pada awalnya menggunakan teknik undangan formal, kemudian didukung juga dengan teknik informal atau mengajak masyarakat lain dari mulut ke mulut. Proses pelaksanaan sudah sesuai dengan yang ada dalam proses perencanaan, masyarakat pembatik diberikan pelatihan skill mengenai membatik. Selain itu, mengenai permodalan sentra batik mangrove mendapatkan bantuan dari berbagai instansi dan lembaga. Dengan adanya sentra batik mangrove mampu membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga dalam hal ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat pembatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh. Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Proses dan dampak, Meningkatkan Ekonomi, Batik Mangrove
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Jan 2021 14:11
Last Modified: 06 Jan 2021 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum