IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN DONDONG, JETIS, SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL

Retno Wintari, NIM.16230032 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN DONDONG, JETIS, SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN DONDONG, JETIS, SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL)
16230032_BAB-I-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN DONDONG, JETIS, SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL)
16230032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan pangan dari pemerintah melalui mekanisme elektronik. Tujuannya adalah untuk memberikan gizi kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dan meningkatkan pendapatan warung rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap pelaksanaan dan hasil dari Program BPNT di Dusun Dondong, Jetis, Saptosari, Gunungkidul. Teknik penarikan informan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian data menggunakan teknik triangulasi sumber kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, tahapan dalam pelaksanaan dari Program BPNT di Dusun Dondong seperti tahap persiapan dilakukan dengan koordinasi antara Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Bank Mandiri, Pemerintah Desa, dan Koordinator Pendamping BPNT. Tahap sosialisasi dan edukasi dilakukan pada saat pertemuan PKK dan saat pendistribusian kartu KKS. Tahap registrasi dan pembukaan rekening oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Tahap penyaluran dilakukan oleh Bank Mandiri sesuai dengan instruksi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Tahap pemanfaatan dilakukan oleh KPM di Warung Agen milik Siti Rokhayatun di Dusun Dondong. Sedangkan hasil dari program BPNT di Dusun Dondong sudah mampu meningkatkan pendapatan, meningkatkan pendidikan, meningkatkan gizi dan kesehatan serta meningkatkan rasa sosial antar masyarakat. Faktor yang mendorong proses implementasi BPNT di Dusun Dondong yakni tersedianya fasilitas dan pemantauan langsung. Faktor yang menghambat adalah beberapa KPM yang sudah tidak produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bantuan Pangan Non Tunai, Meningkatkan Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Jan 2021 09:36
Last Modified: 08 Jan 2021 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum