TATA KELOLA KEUANGAN BUMDES BANGUN KARYA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DESA : STUDI KASUS DI DESA GIRIKARTO KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Nurmaidhah, NIM 16230056 (2020) TATA KELOLA KEUANGAN BUMDES BANGUN KARYA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DESA : STUDI KASUS DI DESA GIRIKARTO KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATA KELOLA KEUANGAN BUMDES BANGUN KARYA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DESA : STUDI KASUS DI DESA GIRIKARTO KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16230056_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TATA KELOLA KEUANGAN BUMDES BANGUN KARYA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DESA : STUDI KASUS DI DESA GIRIKARTO KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16230056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak tata kelola keuangan BUMDes Bangun Karya dalam mengembangkan pariwisata Desa Girikarto Kabupaten Gunungkidul. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan lacak dokumentasi. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data penelitian ini dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya data yang diperoleh dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses tata kelola keuangan BUMDes Bangun Karya dalam mengembangkan pariwisata desa melalui proses perencanaan kinerja dan anggaran, pelaksanaan dan pertanggung jawaban keuangan, pencatatan dan pelaporan keuangan, serta menyusun rencana induk pengembangan. Dari proses tersebut terlihat perputaran keuangan BUMDes Bangun Karya yang banyak dihasilkan dari pengelolaan pariwisata di kawasan pantai Desa Girikarto. Sebagai badan usaha yang baru saja berdiri selama kurang lebih 3 tahun dengan modal 42 juta mampu memberikan perubahan, ditandai dengan tata kelola keuangan yang baik dalam mengembangkan pariwisata desa sehingga menumbuhkan peluang usaha bagi masyarakat Desa Girikarto. Dalam proses tata kelola keuangan BUMDes Bangun Karya menerapkan prinsip teori good governance yaitu transparansi dan akuntabilitas sebagai upaya mewujudkan asas keterbukaan dan pertanggungjawaban pelaporan keuangan. Adapun dampak yang ditimbulkan dengan adanya tata kelola keuangan tersebut adalah membuka lapangan pekerjaan, menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan memberdayakan organisasi karang taruna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki,S.Ag.M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Keuangan, BUMDes, Pariwisata
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Jan 2021 09:55
Last Modified: 08 Jan 2021 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum