Keberagamaan dan Perubahan Sosial (Studi Pada Masyarakat Muslim Dusun Sonyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo)

Zeny Ukhwatul Khasanah, 01540580 (2006) Keberagamaan dan Perubahan Sosial (Studi Pada Masyarakat Muslim Dusun Sonyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Keberagamaan dan Perubahan Sosial (Studi Pada Masyarakat Muslim Dusun Sonyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo))
01540580_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Keberagamaan dan Perubahan Sosial (Studi Pada Masyarakat Muslim Dusun Sonyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo))
01540580_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dusun Sonyo terletak di daerah pegunungan Gunung Kelir, tepatnya di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta. Masyarakat dusun Sonyo mayoritas beragama Islam, meskipun banyak dari mereka yaq.g baru masuk Islam sekitar tahun 1996-sekarang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberagamaan masyarakat muslim di dusun Sonyo dan pengaruhnya terhadap perubahan sosial. Sebagian masyarakat muslim di dusun Sonyo menggantungkan hidupnya dari usaha rumah tangga seperti; membuat kepang, membuat gula kelapa, membuat arang, atau membuat kursi mebel serta ada yang keluar kota sampai ke luar negeri untuk menjadi TKI. Sedikit banyak yang telah mempengaruhi dalam kehidupan keberagamaan. Bila dikaitkan dengan berbagai perubahan yang semakin cepat dan kompleks, ternyata faktor kehidupan keberagamaan mereka sangat mempengaruhi semangat mereka dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan fungsional struktural untuk melihat perihal dalam keberagamaan seseorang kaitannya dengan perubahan sosial. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan deskriptif-analitik dengan menggunakan dua cara penalaran yakni induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keberagamaan ada kaitannya terhadap perubahan sosial masyarakat muslim di dusun Sonyo. Wujud dari perubahan terebut adalah melaksanakan ibadah, kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitar sebagai tumpuan utamanya. Hal ini termanifestasi pada kedisiplinan waktu yang dimiliki masyarakat, kepedulian terhadap sesama, giat dalam berusaha, serta giat dalam menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh.Amin, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Masyarakat Muslim, Girimulyo Kulon Progo
Subjects: Sosial, Perubahan
Divisions: Tajuk Subjek > Aqidah Filsafat
Aqidah Filsafat
Depositing User: Ida Nor'aini Hadna , M.Pd.
Date Deposited: 14 Jan 2021 13:20
Last Modified: 14 Jan 2021 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum