ANALISIS PENGARUH PDB, CADANGAN DEVISA, NILAI TUKAR DAN IMPOR TERHADAP UTANG LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2018

RIMA MELATI, NIM. 16810010 (2020) ANALISIS PENGARUH PDB, CADANGAN DEVISA, NILAI TUKAR DAN IMPOR TERHADAP UTANG LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PDB, CADANGAN DEVISA, NILAI TUKAR DAN IMPOR TERHADAP UTANG LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2018)
16810010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PDB, CADANGAN DEVISA, NILAI TUKAR DAN IMPOR TERHADAP UTANG LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2018)
16810010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam melakukan pembangunan ekonomi di suatu negara dibutuhkan dana yang cukup besar. Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang menggunakan utang luar negeri dalam kegiatan ekonomi. Negara berkembang tidak mempunyai sumber modal yang cukup dalam membiayai pembangunan. Ketidakcukupan sumber dana dalam negeri tersebut mendorong Indonesia untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan menggunakan utang luar negeri. Dampak utang luar negeri dalam jangka panjang sangat merugikan Indonesia karena nilai cicilan pokok dan bunga pinjaman akan bertambah besar dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh PDB, cadangan devisa, nilai tukar, dan impor terhadap utang luar negeri di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data tahunan selama periode 1981-2018 yang bersumber dari World Bank dan Badan Pusat Statistik (BPS). Alat estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Autoregressive Distributed Lag (ARDL) menggunakan Eviews9. Hasil estimasi ARDL dalam jangka panjang maupun pendek variabel PDB berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan variabel cadangan devisa, nilai tukar, dan impor berpengaruh positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ghafur Wibowo, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Utang Luar Negeri, PDB, Cadangan Devisa, Nilai Tukar, Impor, ARDL (Autoregressive Distributed Lag)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2021 09:59
Last Modified: 22 Jan 2021 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum