NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL "KETIKA CINTA BERTASBIH" KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Downloads

Downloads per month over past year

HERLIYAH NAVISAH NIM. 06410003, (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL "KETIKA CINTA BERTASBIH" KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL “KETIKA CINTA BERTASBIH” KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1484Kb)
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL “KETIKA CINTA BERTASBIH” KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan bukan hanya sekedar proses transformasi ilmu, akan tetapi pendidikan juga bertujuan membentuk dan menanamkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Seperti halnya buku bacaan pengetahuan lain, novel juga dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai Pendidikan Agama Islam apa saja yang terkandung dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El-Shirazy dan bagaimana relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan agama yang ada dalam sebuah karya sastra novel Ketika Cinta Bertasbih, yakni tentang quot;Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam quot;. Dalam penelitian ini memilih novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El-Shirazy yang di asumsikan mempunyai pesan Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan nilai Pendidikan Agama Islam dalam novel dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah apresiasi dalam menangkap pesan Pendidikan Agama Islam dalam karya sastra berupa novel. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan hermeneutik. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan analisis isi (content analisys). Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang ada dalam novel Ketika Cinta Bertasbih, kemudian menafsirkan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam novel Ketika Cinta Bertasbih adalah nilai pendidikan Aqidah (keimanan) yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab, iman kepada Rasul, dan iman kepada Qadha' dan Qadhar. Pendidikan Syari'ah (ibadah) yang meliputi, mengingatkan dan mengerjakan sahalat fardu, menuntut ilmu dan mengamalkannya, beramal dengan tulus dan ikhlas, berdzikir dan berdo'a kepada Allah. Pendidikan Akhlak (budi pekerti) meliputi akhlak terhadap diri sendiri maliputi: sabar, taubat, optimis, bersyukur kepada Allah, menerima hidayah, menghindarkan diri dari sikap marah, dan ikhtiar, akhlak terhadap orang tua meliputi: berbakti kepada kedua orang tua dan larangan durhaka terhadap kedua orang tua, akhlak terhadap saudara, akhlak terhadap sesama meliputi: memberi salam, tolong menolong dan menghormati tamu. (2) Novel Ketika Cinta Bertasbih ini mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam hal pendidikan Aqidah, Syari'ah dan Akhlak yang mempunyai relevansi dengan tujuan dan materi Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam, Novel Ketika cinta bertasbih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 09:21
Last Modified: 31 Aug 2012 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item