PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010

IIN IRAWAN NIM. 06420070, (2010) PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana p enerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah putra pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta kelas II wustho; dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana solusinya dalam menerapkan metode tarjamah untuk pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah putra pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta kelas II wustho. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran kepada khalayak umum dan lembaga pendidikan bahasa Arab tentang penerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab, untuk menambah daftar pustaka tentang peran penting metode dalam pengajaran bahasa Arab, dan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam pada disiplin pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( field research) dan bersifat deskriptif eksplanatif yaitu bertujuan untuk melukiskan dan menganalisa keadaan yang ada. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan studi kasus yaitu penelitian atas sebuah system yang terbatas yang menekankan pada kesatuan dan keseluruhan dari system tersebut. Untuk memperoleh data dari subyek penelitian, penulis menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat proble ma yang dihadapi oleh santri ; (1) santri mengalami kesulitan dalam menemukan/mencari kosakata (mufrodat) yang tepat, (2) santri kurang menguasai/memahami tentang kaidah nahwu-sharaf (3) kegiatan para santri yang padat. Untuk mengatasi problema tersebut ada upaya untuk menanggulanginya seperti ; (1) ustadz menyarankan kepada santri dalam menentukan/mencari kosakata ( mufrodat) menggunakan kamus al-'asri, (2) santri diharapkan lebih mendalami nahwusharaf dengan cara banyak membaca buku tentang nahwu-sharaf, (3) santri diharapkan lebih disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 17:42
Last Modified: 04 Apr 2017 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item