PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (TINJAUAN METODE)

IKA FITRIANA NIM. 05420027, (2010) PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (TINJAUAN METODE). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (TINJAUAN METODE))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (TINJAUAN METODE))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Al-Kamal dan mengetahui sejauh mana kesesuaian antara metode dengan tujuan pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al-Kamal Kuwarasan Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah santri putri Pondok Pesantren Al-Kamal kelas 1 dan 2 diniyah. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan dua macam analisa data, yaitu analisa data kualitatif dan analisa kuantitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren Al-Kamal terdiri dari dari beberapa tahap, yaitu pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, dan penutup. Pada tahap pembukaan berisi salam pembuka oleh ustadz? ustadzah, menanyakan kabar, berdo'a, dan mengabsen. Pada kegiatan inti berisi mudzakaroh, penambahan satu kosa kata baru, dan setiap santri putri diminta untuk membuat kalimat serta berlatih berbicara menggunakan kosa kata baru. Pada tahap evaluasi ustadz/ustadzah memberikan tanggapan terhadap kalimat-kalimat yang telah dibuat oleh para santri putri. Pada penutup berisi do'a dan salam penutup. (2) Kesesuaian metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran Muhadatsah adalah quot;cukup sesuai quot; karena 91,67% subyek penelitian telah dapat berbicara menggunakan bahasa Arab dan hasil evaluasi belajar cukup tinggi yaitu 7,0833 untuk kelas i dan 7,541 untuk kelas 2. Saran yang peneliti ajukan adalah hendaknya pimpinan pondok mengusahakan laboratorium bahasa, ustadz/ustadzah memperluas pengetahuannya tentang metode pembelajaran bahasa Arab, dan santri lebih giat belajar agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M. M
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Muhadatsah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 31 Aug 2012 11:52
Last Modified: 04 Apr 2017 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4205

Actions (login required)

View Item View Item