UPAYA RADIO PRIMA FM HAURGEULIS DALAM MEMPEROLEH TARGET PENDENGAR MELALUI ACARA HALLO PRIMA

SUWENDI JATNIKO - NIM. 02211201 , (2010) UPAYA RADIO PRIMA FM HAURGEULIS DALAM MEMPEROLEH TARGET PENDENGAR MELALUI ACARA HALLO PRIMA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA RADIO PRIMA FM HAURGEULIS DALAM MEMPEROLEH TARGET PENDENGAR MELALUI ACARA HALLO PRIMA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (933kB) | Preview
[img] Text (UPAYA RADIO PRIMA FM HAURGEULIS DALAM MEMPEROLEH TARGET PENDENGAR MELALUI ACARA HALLO PRIMA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Dalam pemahaman modern, pendengar radio bukan lagi objek yang hanya menggunakan telinga untuk menyimpan sebuah acara, tetapi juga menggunakan nalar pikir dan sekaligus empati, sehingga membentuk sikap kritis bagi pendengar, jika program yang ditayangkan radio tidak sesuai dengan realitas pendengar, maka sikap mereka tidak sekedar memindah channel atau gelombang ke stasiun lain, tetapi akan bersikap antipati terhadap stasiun yang dinilai mengecewakan. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, radio sebagai salah satu media komunikasi dan informasi harus mampu bersaing dengan media-media lain dengan menawarkan beberapa upaya dan metode dalam memperoleh target pendengar. Munculnya radio-radio amatir di beberapa daerah, menunjukkan adanya kekuatan segmen tertentu yang bersifat lokalistik tetapi mempunyai pengaruh tertentu yang dapat diperhitungkan. Radio Prima FM Haurgeulis yang berdomisili di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, berani berunjuk gigi untuk ikut berperan sebagai media informasi di tengah-tengah masyarakat. Radio Prima FM merupakan radio komersial berupaya mengoptimalkan dalam memperoleh target pendengar dengan menghadirkan acara-acara yang juga menarik, di antaranya adalah acara Hallo Prima . Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah; bagaimana upaya radio Prima FM Haurgeulis dalam memperoleh target pendengar melalui acara Hallo Prima ?. Teori yang digunakan secara umum adalah teori segmentasi yang mencakup; segmenting, targeting, dan positioning. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian untuk menghasilkan data (deskripsi kualitatif), dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkontruksi wawancara mendalam terhadap subjek peneliti melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis dan pengabsahan terhadap data yang diperoleh. Dari penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa Radio Prima FM melalui Acara Hallo Prima melakukan hal di luar acara yang terkait dengan proses pendukung dalam memperoleh target pendengar seperti; rekrutmen penyiar yang full-time dan penyediaan naskah untuk penyiar dalam setiap siaran. melakukan segmentasi pendengar yang di targetkan adalah para kaula muda yang menduduki persentase yang paling besar, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dikonsumsi oleh masyarakat secara umum. Model acara, Variasi dan kemasan acara Hallo Prima meliputi; request lagu, berita atau informasi, tebak-tebakan humor dan kata-kata mutiara hikmah. Gaya bahasa yang digunakan dalam siaran acara Hallo Prima adalah menggunakan bahasa daerah pada umumnya (Sunda dan Jawa) disesuaikan dengan bahasa masyarakat di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Dr. H. Akhmad Rifa'I, M. Phil. 2. Saptoni, S. Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Radio, Acara, Target Pendengar
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 10:16
Last Modified: 16 Oct 2015 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4207

Actions (login required)

View Item View Item