UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS II B MIN TEMPEL NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009

ISTI ASFIAH NIM. 07480007-E, (2010) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS II B MIN TEMPEL NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS II B MIN TEMPEL NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009)
BAB 1, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS II B MIN TEMPEL NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Matematika yang ada selama ini diajarkan secara konvensional. Siswa bermain main sendiri dan kurang aktif. Guru jarang emvariasikan dengan metode pembelajaran yang lain,sehingga berakibat pada prestasi yang rendah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, apakah dapat meningkatkan suasana pembelajaran matematika menjadi aktif dan menyenangkan, serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan active learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas II B MIN Tempel tahun pelajaran 2008/2009.Jumlah siswa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi,Jurnal harian, wawancara tidak berstruktur dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Melalui pendekatan active learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II B, dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yaitu 79,2, pada siklus II nilai rata-rata 87,76, dan pada siklus III nilai rata-rata 92,38. (2) Penggunaan permainan matematika dalam pembelajaran yang menyenangkan dapat mengaktifkan siswa. Dimana pada siklus I siswa yang senang dengan permainan matematika 97,36, pada siklus II 98,24, dan pada siklus III 98,12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati
Uncontrolled Keywords: active learning, pembelajaran, permainan matematika.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:54
Last Modified: 05 Sep 2012 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item