EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

KHOLIVATUL IMAN NIM. 05410011, (2010) EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang seringkali menggunakan metode dan media yang tidak tepat dengan situasi dan kondisi ketika pembelajaran berlangsung baik itu yang menyangkut karakter peserta didik, suasana kelas sampai kepada pemilihan media sebagai alat bantu pengajaran sehingga berimplikasi pada materi yang seharusnya menyenangkan pada saat disampaikan di dalam pembelajaran menjadi suatu hal yang menjenuhkan bagi siswa. Hal ini dikarenakan pendidik yang selalu menggunakan metode yang sama pada proses pembelajaran. Akhirnya, kebanyakan pendidik beranggapan bahwa menggunakan metode konvensional adalah senjata pamungkas bagi pendidik untuk menyampaikan materi pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang mengambil bentuk penelitian kolaboratif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara tidak berstruktur, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul sebelum menggunakan musik sebagai media pembelajaran didominasi oleh metode ceramah ditambah tanya jawab dan mencatat dengan minimnya pemanfaatan media. (2)Implikasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul sebelum menggunakan musik sebagai media pembelajaran terhadap efektifitas belajar siswa belum dapat terlihat. Kondisi kelas agak sedikit gaduh dan kurang kondusif untuk belajar. Adanya pembelajaran yang belum dapat memanfaatkan media pembelajaran yang tepat menimbulkan siswa yang menjadi cenderung kurang perhatian dalam pembelajaran, keluar masuk ruangan saat pembelajaran berlangsung, partisipasi dalam pembelajaran rurang, kondisi kelas yang pasif, daya serap yang lemah, siswa merasa bosan dan jenuh untuk melanjutkan pembelajaran. (3) Inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul dengan menggunakan musik sebagai media pembelajaran dapat secara efektif meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. (4)Implikasi dari penerapan musik sebagai media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul tercermin dari respon yang ditunjukkan peserta didik selama kegiatan pembelajaran yang ceria dan menggembirakan berlangsung. Peserta didik dengan antusias mengikuti seluruh kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran. Keantusiasan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terlihat dari tingginya partisipasi yang diberikan oleh peserta didik. Sejalan dengan hal tersebut, prestasi peserta didik pun ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Pemilihan media Pengajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 15:49
Last Modified: 30 Aug 2012 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215

Actions (login required)

View Item View Item