IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

APRIYANTO - NIM. 05440033, (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA-1 DI MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA-1 DI MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Implementasi Model Pemecahan Masalah dengan Bantuan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Kimia, respon siswa, faktor pendukung dan penghambat. Materi Pokok pada penelitian ini adalah Kesetimbangan Kimia dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan pada objek penelitian. Penelitian ini dilakukan sampai 2 siklus. Pengumpulan data respon siswa diperoleh dengan angket respon, faktor pendukung dan penghambat melalui hasil observasi dengan lembar observasi serta wawancara kepada guru dan siswa yang bersangkutan serta hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test. Analisa data implementasi pembelajaran hasil belajar siswa dianalisa dengan perbandingan perbedaan post-test, sedangkan data respon siswa menggunakan teknik persentase, faktor pendukung dan penghambat menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Implementasi pembelajaran dengan bantuan tutor sebaya dapat meningkatan hasil belajar siswa pada siklus I: rata-rata post-test sebesar 5,03, diperoleh ketuntasan belajar sebesar 50,3%. Pada siklus II: rata-rata post-test sebesar 8,88 dan diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,8%. Pengukuran respon siswa dilakukan sesuai hasil persentase dari angket respon menghasilkan 83,33% siswa tertarik dengan kegiatan pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya. Keaktifannya siswa dalam diskusi kelompok sebesar 79,69%. 65,62% siswa menyatakan guru memberikan soal yang kontekstual. Tutor sebaya sangat berperan membantu siswa yang mengalami kesulitan sebesar 68,75%. 87,5% siswa menyatakan guru berperan dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan 79,55% siswa memberikan sikap positif terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya memperoleh respon positif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 MAN Sabdodadi Bantul. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya adalah 1) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran cukup tinggi 2) Sistem pembelajaran yang mengikuti tahap-tahap pemecahan masalah dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep 3) keterlibatan tutor sebaya dalam kelompok belajar dikelas membuat suasana kelas lebih menarik dan lebih aktif, sedangkan faktor penghambat adalah 1) waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran labih lama 2) pada awal pembalajaran, siswa belum terbiasa untuk belajar berkelompok sehingga dalam mengkondisikan siswa cukup sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, tutor sebaya, respon
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:47
Last Modified: 18 Feb 2016 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item