PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG (Penelitian Tindakan Kelas)

Downloads

Downloads per month over past year

LATHIFIANA OKTAVIA NIM. 05420032, (2010) PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG (Penelitian Tindakan Kelas))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1760Kb)
[img] Text (PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG (Penelitian Tindakan Kelas))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421Kb)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara (maharatul kalam) Bahasa Arab kelas VII A MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, orang yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, tarjamah, dan hafalan bukan dengan praktek langsung menggunakan media sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Bahwasanya media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena disamping dapat menarik perhatian siswa juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada mata pelajaran. Media pembelajaran juga merupakan wahana informasi yang bertujuan terjadinya proses belajar pada diri siswa sehingga akan terjadi perubahan perilaku, baik berupa kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), maupun psikomotor (keterampilan). Menyikapi teori pembelajaran, maka pembelajaran Bahasa Arab sangat tepat dengan menggunakan Metode Langsung (al-Thariqah al-Mubasyirah) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang.Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bertujuan untuk mendreskipsikan penerapan Metode Langsung (al-Thariqah al-Mubasyirah) dalam pembelajaran Bahasa Arab dan meningkatkan keterampilan berbicara (maharatul kalam) kelas VII A setelah menggunakan Metode Langsung (al-Thariqah al-Mubasyirah). Penelitian bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan mengungkap makna yaitu makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara (maharatul kalam) melalui tindakan yang dilakukan, dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian yakni: (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran. Penerapan Metode Langsung (al-Thariqah al-Mubasyirah) ini lebih melibatkan siswa dalam pembelajaran, dengan kegiatan praktek langsung pada siswa dengan menggunakan bahasa Arab, membuat kalimat dengan menggunakan bahasa Arab secara bergilir, dan penhargaan pada siswa yang diberikan oleh guru. (2) adanya peningkatan keterampilan siswa, antusiasme dan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran, kemudian timbulnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajari, adanya keinginan dan kemauan bertanya. Secara umum peningkatan yang terjadi cukup baik, pada aspek keterampilan mengalami peningkatan pada observasi awal sebesar 39,45%, kemudian Siklus 1 56,32% menjadi 75,48% pada Siklus II, dengan demikian aspek tersebut mengalami peningkatan sebesar 19,16%. Selain dari aspek tersebut dapat dibuktikan melalui hasil test (pre test dan post test). Pada siklus I (pre test) memiliki rata-rata 5,24, dan untuk post test memiliki ratarata 7,10 terjadi peningkatan 1,07%. Pada siklus II untuk pre test memiliki rata-rata 6,31, dan post test memiliki rata-rata 7,79 terjadi peningkatan 0,69%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara Bahasa Arab, Media pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 10:35
Last Modified: 03 Sep 2012 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item