EFEKTIVITAS PRAKTIKUM TERINTEGRASI DAN TIDAK TERINTEGRASI TERKAIT PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI

ARI YULIANTO - NIM. 04461126, (2010) EFEKTIVITAS PRAKTIKUM TERINTEGRASI DAN TIDAK TERINTEGRASI TERKAIT PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PRAKTIKUM TERINTEGRASI DAN TIDAK TERINTEGRASI TERKAIT PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PRAKTIKUM TERINTEGRASI DAN TIDAK TERINTEGRASI TERKAIT PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI)
PageBAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan praktikum terintegrasi dan tidak terintegrasi pada pembelajaran fisika. Pelaksanaan pembelajaran fisika dengan kegiatan praktikum terintegrasi dan tidak terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk pretest-posttest Experimen Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket minat dan lembar tes yakni pretes dan postes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) diperoleh dari nilai postes nilai fisika siswa yang diberi kegiatan praktikum terintegrasi dan tidak terintegrasi didapat harga Fhit =12,654 dan Ftab (5%)(1/45) =4,06. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi siswa yang diberi kegiatan praktikum terintegrasi dan tidak terintegrasi. Ternyata kegiatan praktikum terintegrasi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi ditinjau dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa kelas eksperimen 1 lebih besar dari pada rerata skor akhir yang diperoleh siswa kelas eksperimen 2. Untuk analisis regresi kelas eksperimen 1 didapat harga Freg=11,81 Ftab(5%)(1/22) =4,30, adapun untuk besar korelasi antara minat dengan prestasi belajar siswa (postes) rxy= 0,5895 sehingga besar sumbangan efektif minat terhadap prestasi belajar fisika siswa yaitu 34,75%. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa banyak mempengaruhi prestasi belajar fisika. Untuk analisis regresi kelas eksperimen 2 didapat harga Freg=1,4278 Ftab(5%)(1/22) =4,30. Adapun untuk besar korelasinya rxy= 0,123 sehingga besar sumbangan efektif minat terhadap prestasi belajar fisika siswa yaitu=1,5%. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa tidak banyak mempengaruhi prestasi belajar fisika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Praktikum terintegrasi, Minat, Hukum Newton
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Aug 2012 08:56
Last Modified: 07 Dec 2016 07:02
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/4228

Actions (login required)

View Item View Item