PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGITERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKA RAGAMAN HAYATI

ARIFFATIN - NIM. 05450012, (2010) PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGITERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKA RAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)

Abstract

Penelitian pengaruh pemberian quiz pada pembelajaran biologi terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta, berdasarkan latar belakang lemahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian quiz terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan secara populatif yaitu kelas XA sebagai kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa (konfensional) dan kelas XB sebagai eksperimen yaitu pembelajarannya dengan diberikan quiz. Data motivasi diperoleh melalui lembar angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan pemberian quiz, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen, yaitu untuk kelompok kontrol kategori sangat baik 10%, baik 26,7% dan cukup baik 63,3% sedang untuk kelompok eksperimen kategori sangat baik 51,6%, baik 29% dan cukup baik 19,4% sedang untuk kategori kurang dan kurang baik sama-sama 0%. Selain perbedaan motivasi belajar siswa juga terdapat perbedaan hasil prestasi siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk rerata nilai test akhir kelompok kontrol yaitu 6,161 dan untuk kelompok eksperimen 7,567. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan yang signifikan (p 0.05) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Ini berarti pemberian quiz berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi siswa pada sub materi keanekaragaman hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi , M.Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi, pembelajaran, biologi, keanekaragaman hayati, quiz
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 03 Sep 2012 20:19
Last Modified: 13 Dec 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum