PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA

MUHAMMAD FAZA ROZANI NIM. 05420021, (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Pendidikan bahasa Arab merupakan salah satu media yang digunakan untuk melakukan komunikasi,mengungkapkan ide atau gagasan,membaca,menulis, berpikir logis, rasional, sistematik, selalu mempunyai alternatif, serta dapat berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab MA kelas XI semester I berbasis multimedia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu, analysis (analisa), Design (perancangan), Development (produksi), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab MA/SMA, siswa kelas XI MAN Sabdodadi Bantul, MAN Laboratorium UIN SuKa dan MAN Pacitan yang dilibatkan dalam uji coba media pembelajaran, angket media pembelajaran untuk guru dan angket pembelajaran untuk siswa. Angket pembelajaran untuk guru terdiri atas angket pengembangan media pembelajaran, angket kriteria media pembelajaran, dan angket evaluasi media pembelajaran. Angket media pembelajaran untuk siswa terdiri atas angket evaluasi program 1 dan angket evaluasi program 2. Angket pengembangan media pembelajaran dan angket kriteria media pembelajaran berisi tentang apa saja yang sebaiknya ada dalam media pembelajaran dianalisis dengan memperhatikan kecenderungan tiap jawaban dan akan digunakan jika jawaban perlu dan sangat perlu minimal 75%. Angket evalusai pembelajaran untuk guru dan angket pembelajaran untuk siswa dianalisis dengan memperhatikan jawaban positif minimal 75%. Hasil penelitian pengembangan diperoleh dengan mengembangkan media pembelajaran dalam beberapa tahap. Tahap analisis menghasilkan kompetensi dasar dan indikator untuk materi kelas XI MA semester ganjil. Aspek-aspek yang seharusnya ada dalam media pembelajaran bahasa Arab bearbasis multimedia diantaranya tampilan menarik,bersifat interaktif, gambar, dll. Prinsip-prinsip desain tampilan media diantaranya kesederhanaan, keterpaduan, penekanan, dan keseimbangan. Analisis situasi menghasilkan sekolah dan siswa yang tepat untuk uji coba yaitu MA Laboratorium UIN SuKa dan MAN Pacitan. Tahap perancangan menghasilkan alur pembelajaran materi dan garis besar isi materi kelas XI MA semester ganjil. Tahap produksi menghasilkan media pembelajaran dalam kemasan CD (Compact Disk). Tahap implementasi (uji coba) menghasilkan jawaban positif 75% tiap item pernyataan dalam angket kecuali item contoh soal dan evaluasi. Pada tahap evaluasi , bagian teks arab dan animasi yang mengalami revisi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Media pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 20:57
Last Modified: 05 Apr 2017 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item