FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (KALAM) SISWA KELAS VIII A MTs. N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

MUNITA SARI NIM. 05420050, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (KALAM) SISWA KELAS VIII A MTs. N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (KALAM) SISWA KELAS VIII A MTs. N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (KALAM) SISWA KELAS VIII A MTs. N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui proses pembelajaran kalam kelas VIII A MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta. 2) untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa arab(kalam) siswa kelas VIII A di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta yang hanya meliputi faktor eksternal siswa saja. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII A MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif namun demikian metode kuantitatif metode kuantitatif digunakan untuk menghitung data angket, dan test yang selanjutnya diolah menjadi data kualitatif untuk mendeskripsikan data. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIII A MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta mendapati beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa arab. Adapun faktor-faktor eksternal itu adalah: 1) pergaulan siswa dirumah dan disekolah yang dapat mendominasi siswa 2) jarak dari rumah ke sekolah, 3) pengguasaan mufrodat yang baik akan sangat berpengaruh dalam mempelajari bahasa arab khususnya kalam, 4)kurangnya guru mata pelajaran bahasa arab yang mengakibatkan guru kelelahan mengajar dan tidak fokus. 4) siswa yang heterogen, yang mengharuskan guru untuk lebih memperhatikan masing-masing karakter siswa.5) materi pelajaran bahasa arab yang banyak mengakibatkan siswa tidak fokus belajar dan terburu-buru.6) tidak ada peraturan bagi siswa yg mengharuskan berbicara bahasa arab dan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa arab siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Aug 2012 11:12
Last Modified: 05 Apr 2017 01:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item