HIDAYATI ZULAIHA - NIM. 05450018, (2010) PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa pada materi sistem peredaran darah dengan menggunakan metode mind map pada kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir semester I tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2009-2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode mind map dan lembar soal pre-test dan post test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif statistik dalam bentuk persentase, sedangkan untuk data prestasi diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map pada materi sistem peredaran darah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I. Peningkatan kemampuan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase indikator motivasi pada siklus II yang terdiri dari: penerimaan, menunjukkan kemauan, mengakui tuntutan, ikut secara aktif, menyukai, menyepakati dan menghargai pendapat. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata post-test siklus I yaitu 7,03 menjadi 7,94 pada rerata post-test siklus II sehinggga diperoleh effect size sebesar 0,91.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode, mind map, motivasi, prestasi, MAN Yogyakarta I. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftakhul Yazid Fuadi [staff it] |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 22:20 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:38 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4244 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |