PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HIDAYATI ZULAIHA - NIM. 05450018, (2010) PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 1 MAN YOGYAKARTA I SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa pada materi sistem peredaran darah dengan menggunakan metode mind map pada kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir semester I tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2009-2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode mind map dan lembar soal pre-test dan post test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif statistik dalam bentuk persentase, sedangkan untuk data prestasi diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map pada materi sistem peredaran darah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA I MAN Yogyakarta I. Peningkatan kemampuan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase indikator motivasi pada siklus II yang terdiri dari: penerimaan, menunjukkan kemauan, mengakui tuntutan, ikut secara aktif, menyukai, menyepakati dan menghargai pendapat. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata post-test siklus I yaitu 7,03 menjadi 7,94 pada rerata post-test siklus II sehinggga diperoleh effect size sebesar 0,91.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode, mind map, motivasi, prestasi, MAN Yogyakarta I.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 03 Sep 2012 22:20
Last Modified: 13 Dec 2016 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum