PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA KOLOMBO 2009-2010

MARDIAH - NIM. 05440008, (2010) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA KOLOMBO 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA KOLOMBO 2009-2010)
BAB I, V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA KOLOMBO 2009-2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Penelitian dengan judul penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Laju Reaksi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Kolombo 2009/2010 bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010 dalam pembelajaran kimia, 2) mengetahui apakah penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010 pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada materi pokok Laju Reaksi. Data yang dikumpulkan berupa data observasi aktivitas belajar siswa, nilai pre-test, dan post-test pada Siklus I dan II, wawancara, dokumentasi dan hasil diskusi. Data observasi untuk mengetahui tingkat peningkatan aktivitas belajar kimia siswa. Nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar kimia siwa. Data aktivitas yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam aktivitas. Data pre-test dan post-test Siklus I dan II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test Siklus II dengan nilai rerata post-test Siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat diterapkan pada pembelajaran Kimia Materi Pokok Sistem Laju Reaksi pada siswa kelas XI IPA SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010. Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditandai dengan kenaikan rata-rata persentase kategori baik pada aktivitas pembelajaran sebesar +28,02% dan penurunan rata-rata persentase kategori kurang sebesar -14,78% pada aktivitas belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari peningkatan rerata tes pada Siklus I sebesar 1,05 dan Siklus II sebesar 4,27, dan ditandai dengan peningkatan rerata post-test Siklus I dan Siklus II sebesar 5,08.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning , Jigsaw, Aktivitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 10:52
Last Modified: 19 Feb 2016 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item