MUNIROH DWI SUSILOWATI - NIM. 05450043 , (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (849kB) | Preview |
|
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan oleh siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan prestasi belajar Biologi siswa dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa berupa Effect Size, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan di kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam 2 siklus. Sedangkan besarnya Effect Size, yaitu selisih rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II adalah sebesar 0,79.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Satino, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Kontekstual, Prestasi |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 15:21 |
Last Modified: | 01 Mar 2016 11:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4257 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |