PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta)

MUNIROH DWI SUSILOWATI - NIM. 05450043 , (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan oleh siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan prestasi belajar Biologi siswa dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa berupa Effect Size, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan di kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam 2 siklus. Sedangkan besarnya Effect Size, yaitu selisih rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II adalah sebesar 0,79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Kontekstual, Prestasi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Sep 2012 15:21
Last Modified: 01 Mar 2016 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum