KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL

NUGRAHENI ROMADHONI - NIM. 05460019, (2010) KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan yang dilihat dari proses pembelajaran, penguasaan konsep serta efektivitas penggunaan pendekatan discovery-inquiry dengan melibatkan langsung siswa dalam pembuatan alat percobaan fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Klaten. Sedangkan sampel yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII G dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar tes, lembar angket dan lembar observasi, yakni pretest dan posttest. Analisa data yang digunakan adalah Analisa Kovarians (Anakova). Perhitungan analisa kovarians (Anakova) diperoleh dari nilai tes kemampuan memahami konsep fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan selama proses pembelajaran fisika sedang berlangsung. Perlakuan yang dimaksud berupa penerapan pendekatan discovery-inquiry dengan melibatkan siswa secara langsung untuk membuat alat percobaan sederhana. Dari perhitungan data tersebut diperoleh nilai Fhitung = 5,91 Ftabel = 3,98 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5% sedangkan hasil uji-t diperoleh sebesar thitung = 3,45 ttabel = 2,00 dengan db = 70 pada taraf signifikansi 5% dan siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 6,76%. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kecakapan berfikir pada siswa yang diberi perlakuan yaitu melibatkan siswa dengan penggunaan pendekatan discovey-inquiry,dengan penggunaan metode yang konvensional yaitu dengan metode ceramah dan demonstrasi. Ternyata, dengan melibatkan siswa dengan penggunaan pendekatan discovey-inquiry lebih efektif dalam meningkatkan kecakapan berfikir rasional. Dibuktikan dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada rerata skor akhir yang diperoleh siswa pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan siswa, pendekatan discovery-inquiry, kecakapan berfikir rasional.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 14:29
Last Modified: 01 Feb 2016 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item