IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA

RIZKI AMELIA SOLIKHAH - NIM. 05460007 , (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran yang berbasis hands-minds on activity dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa. Keterampilan berpikir rasional dilihat dari hasil posttes atau tes akhir siswa materi Tekanan terutama subbab materi tekanan udara. Media yang digunakan adalah hands-out dan Manometer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (experimental research) dengan rancangan eksperimen control group pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs N Borobudur, Magelang tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII F dan VIII G. Kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, angket, dan tes meliputi pretes dan posttes. Analisis data yang digunakan adalah Analisis of Varians (Anova) tunggal atau satu jalur. Data yang digunakan untuk Analisis of Varians (Anova) adalah hasil dari tes akhir siswa (posttes). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung = 83,8 Ftabel = 4,00 dengan dbk = 1 dan dbd = 58 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t kemampuan akhir siswa sebesar thitung = 3,84 ttabel = 2,39 pada db = 58, taraf signifikansi 5%. Hasil lembar observasi ranah afektif (di kelas atau minds-on activity) media hands-out, kelas eksperimen sebesar 85% dan kelas kontrol sebesar 81% artinya kelas eksperimen lebih banyak beraktivitas minds-on. Hasil perhitungan ranah psikomotorik (di laboratorium atau hands-minds on activity) media hands-out dan Manometer, aktivitas yang teramati untuk kelas eksperimen sebesar 76% dan untuk kelas kontrol sebesar 64% aktivitas. Artinya siswa lebih aktif dalam beraktivitas untuk kelas eksperimen. Untuk angket ketertarikan siswa terhadap pelajaran Fisika untuk kelas eksperimen meningkat 7% dari awal treatment yaitu dari 73% menjadi 80%. Untuk kelas kontrol hanya meningkat sebesar 2%, dari 73% menjadi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik menggunakan model pembelajaran yang berbasis hands-minds on activity untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa. Sehingga model pembelajaran berbasis hands-minds on activity media hands-out dan Manometer lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hands-minds on activity, hands-out, manometer, keterampilan berpikir rasional.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:42
Last Modified: 01 Feb 2016 06:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item