OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul)

SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , (2010) OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran, meningkatkan aktifitas dalam proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2009/2010 dengan materi Gerak Lurus. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pre-test, post-test, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksankan dengan tiga siklus. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran fisika siswa dapat optimal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana persentase tanggapan positif siswa sebesar 90%; (2) terjadi peningkatan aktifitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 63,12%, siklus II sebesar 80,22%, dan pada siklus III sebesar 86,37%; (3) terjadi peningkatan prestasi siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata pada siklus I sebesar 52,10, pada siklus II sebesar 82,45, dan pada siklus III sebesar 84,90; peningkatan ranah afektif siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek dalam kelas pada siklus I sebesar 53,53%, siklus II sebesar 75,14% , dan siklus III sebesar 89,43%; peningkatan ranah psikomotorik siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek untuk siklus I sebesar 81,37%, siklus II sebesar 91,43%, dan siklus III sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: CTL, modeling, media, aktifitas dan prestasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2012 11:39
Last Modified: 01 Feb 2016 06:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item