PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

SRI SULASTRI - NIM. 05440004 , (2010) PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 pada Pokok Bahasan Minyak dan Gas Bumi antara kelas yang diberi pretest dan posttest dengan kelas yang tidak diberi pretest dan posttest jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun 2008/2009 sebanyak 9 (sembilan) kelas. Sampel sebanyak 2 (dua) kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data pengetahuan awal kimia (dokumentasi) yang diambil dari nilai ulangan harian pada bab sebelumnya, sebelum diberikan perlakuan yaitu bab Hidrokarbon. Selain itu juga diadakan ulangan untuk mendapatkan nilai akhir setelah perlakuan diberikan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Dari perhitungan didapatkan nilai rerata kelas eksperimen adalah 69, 58 dan kelas kontrol 64,38. Harga t0 perhitungan yaitu 1,89. t0 yang didapat dari perhitungan kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel para taraf signifikansi 5% dan derajad kebebasan (db) 66. Nilai t tabel pada db 66 adalah 2,00. Uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil diterimanya H0 (hipotesis nihil) yang berarti tidak adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang diberikan pretest dan posttest dengan yang tidak diberikan pretest dan posttest bila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dari tidak signifikannya data yang diperoleh, berarti dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 pada pokok bahasan minyak dan gas bumi antara kelas yang diberi pretest dan posttest dengan yang tidak diberi pretest dan posttest jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Namun demikian, rerata prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: pretest, posttest, purpossive sampling,uji t
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Sep 2012 21:59
Last Modified: 19 Feb 2016 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum