PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 2 KEBUMEN

WAHYU WIDI ASRINI - NIM. 05450016 , (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 2 KEBUMEN)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 2 KEBUMEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X7 MAN 2 Kebumen melalui pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan virus; (2) mengetahui banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X7 MAN 2 Kebumen pada pokok bahasan virus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X7 MAN 2 Kebumen tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk data aktivitas siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data hasil belajar kognitif siswa. Analisis data untuk aktivitas belajar siswa diperoleh menggunakan analisis kualitatif deskriptif (dengan menghitung persentase), sedangkan analisis data hasil belajar kognitif diperoleh dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata post test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya persentase tiap aspek aktivitas belajar siswa pada siklus II meliputi aspek menyatakan pendapat 11,3%, menerima pendapat 11,4%, bekerjasama dalam kelompok 22,7%, mengikuti presentasi yang sedang berlangsung 9,9%, membuat catatan materi 12,1%, dan mengikuti proses pembelajaran dengan antusias 0,7%. Hasil belajar kognitif siswa pun mengalami peningkatan yang ditandai dengan adanya effect size sebesar 0,61. Dengan demikian, penelitian dengan menerapkan pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan Virus dapat dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X7 MAN 2 Kebumen dan peningkatan tersebut dapat dicapai dalam dua siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Quantum, teaching, aktivitas, kognitif, dan virus.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Sep 2012 21:54
Last Modified: 01 Mar 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum