HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI ILMU KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEKHASAN ATOM KARBON SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009

WHENDY GUNAWAN - NIM. 04441029, (2010) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI ILMU KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEKHASAN ATOM KARBON SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI ILMU KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEKHASAN ATOM KARBON SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI ILMU KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEKHASAN ATOM KARBON SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X semester II di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2008 / 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel motivasi belajar dan variabel persepsi ilmu kimia berpengaruh terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Kolombo Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 yang terdistribusi dalam dua kelas yaitu kelas XA dan kelas XB yang berjumlah 69 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidential sampling yaitu menetapkan subyek siswa yang hadir saat pengumpulan data dilakukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu : instrumen angket motivasi belajar kimia, instrumen angket persepsi ilmu kimia, dan instrumen tes prestasi belajar kimia yaitu soal tes pemahaman konsep kekhasan atom karbon. Data yang diperoleh dianalisis dengan regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperloleh adalah Y = 0,082798X1 + 0,203976X2 6,069971 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,645 dan koefisien determinasi sebesar 0,416. harga Fhitung yang diperoleh sebesar 56,817 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 3,18 (Fhitung Ftabel). Sumbangan efektif kedua prediktor sebesar 64,479 %. Sumbangan efektif motivasi belajar (X1) terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon (Y) sebesar 23,176 % dan sumbangan efektif persepsi ilmu kimia (X2) terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon (Y) sebesar 41,312 %. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar (X1) berpengaruh terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon (Y), variabel persepsi ilmu kimia (X2) berpengaruh terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon (Y) dan variabel motivasi belajar (X1) dan variabel persepsi ilmu kimia (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman konsep kekhasan atom karbon (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd. 2. Nina Hamidah, S.Si., M.A.,
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, persepsi ilmu kimia, pembelajaran kimia, dan pemahaman konsep kekhasan atom karbon
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2012 10:17
Last Modified: 19 Feb 2016 03:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item