IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

WIDAD EVA HAJAR CHARIR - NIM. 05460009-04, (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN BERFIKIR KRITIS SISWA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN BERFIKIR KRITIS SISWA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar fisikadan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMP N 1 Donorojo Pacitan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode angket dengan instrumen lembar angket, metode observasi dengan instrumen lembar observasi dan metode tes dengan instrument lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarians (Anakova). Perhitungan Anakova diperoleh dari nilai tes kemampuan memahami konsep fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan selama proses pembelajaran fisika berlangsung. Perlakuan yang dimaksud berupa penerapan model pembelajaran SAVI dengan menggunakan metode demonstrasi. Dari perhitungan data tersebut diperoleh nilai Fhitung = 8,7 lebih besar dari Ftabel = 4 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5% sedangkan hasil uji-t diperoleh sebesar mthitung = 4,64 lebih besar dari ttabel = 2,00 dengan db = 61 pada taraf signifikansi 5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa melalui model pembelajaran SAVI dengan menggunakan metode demonstrasi dibandingkan dengan model pembelajaran SAVI dengan metode ceramah. Ternyata, model pembelajaran SAVI dengan menggunakan metode demonstrasi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa ditinjau dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada rerata skor akhir yang diperoleh siswa pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Winarti, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Metode Demonstrasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Sep 2012 17:35
Last Modified: 01 Feb 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum