IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

NURUL ARFINANTI - NIM. 06600051, (2010) IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENCAPAI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) SISWA KELAS VIII E SMP N 2 MUNTILAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai belajar tuntas (mastery learning) siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan pada pembelajaran matematika yang diupayakan dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan tahun ajaran 2009/2010. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil evaluasi, hasil LKS, hasil angket, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi foto. Validasi data dalam penelitian ini di antaranya dilakukan dengan member check, teknik trianggulasi, key respondents review, dan expert opinion. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman di mana ada tiga tahap yang dilakukan setelah pengumpulan data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Inside-Outside Circle dapat membantu tercapainya belajar tuntas siswa kelas VIII E SMP N 2 Muntilan. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Inside-Outside Circle diperoleh hasil 87,18% dari populasi kelas telah mencapai KKM 75% pada tujuan pembelajaran dengan indikator menentukan jenis segitiga, jika diketahui tiga buah sisi segitiga tersebut, 85% dari populasi siswa telah mencapai KKM 75% untuk indikator menggunakan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa untuk menghitung besar sudut atau panjang sisi suatu segitiga siku-siku dan 90% dari populasi kelas telah mencapai KKM 75% untuk indikator menggunakan teorema Pythagoras pada perhitungan diagonal sisi dan ruang pada kubus dan balok. Penerapan metode Inside-Outside Circle dilakukan dengan pemberian tugas berupa soal dalam LKS. Dengan menyelesaikan soal LKS dan menjelaskan hasil diskusinya diharapkan siswa dapat menguasai materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si 2. Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Inside-Outside Circle, Belajar Tuntas (Mastery Learning)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2012 10:31
Last Modified: 14 Dec 2016 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item