EFEKTIVITAS PELATIHAN AMT (ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING) DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI MAHASISWA TINGKAT AWAL DALAM PENYESUAIAN AKADEMIK

YUYUN VINA YULIA - NIM. 05710030 , (2010) EFEKTIVITAS PELATIHAN AMT (ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING) DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI MAHASISWA TINGKAT AWAL DALAM PENYESUAIAN AKADEMIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN AMT (ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING) DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI MAHASISWA TINGKAT AWAL DALAM PENYESUAIAN AKADEMIK)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN AMT (ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING) DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI MAHASISWA TINGKAT AWAL DALAM PENYESUAIAN AKADEMIK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) dengan pendekatan spiritual terhadap peningkatan efikasi diri mahasiswa tingkat awal dalam penyesuaian akademik di perguruan tinggi. Sebab sebagai mahasiswa baru, individu dituntut untuk dapat cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar dan sosial baru. Kegagalan yang sering dialami individu disebabkan oleh persepsi individu terhadap kemampuan dirinya (efikasi diri). Oleh sebab itu diberikan intervensi berupa pelatihan AMT untuk membantu individu meningkatkan efikasi diri mereka. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2008. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 subjek. Sepuluh subjek sebagai kelompok eksperimen dan sepuluh subjek sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two independent group design. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah teknik Uji-t Beda Mean. Hasil analisis data yang dilakukan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan indeks perbedaan t = 3,304 dengan taraf signifikansi p = 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri yang sangat signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Rerata skor kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan lebih baik daripada rerata skor kelompok kontrol (70,5 57,3). Sebaran kategorik subjek kelompok eksperimen setelah perlakuan juga lebih baik daripada sebelum perlakuan. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah AMT (Achievement Motivation Training) dengan pendekatan spiritual terbukti efektif untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa tingkat awal dalam penyesuaian akademik. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Erika Setyanti Kusuma Putri, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, AMT (Achievement Motivation Training).
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2012 09:01
Last Modified: 07 Dec 2015 04:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4311

Actions (login required)

View Item View Item