PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA AUDIO TAPE RECORDER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

NUR FARIDAH NIM. 06420077, (2010) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA AUDIO TAPE RECORDER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA AUDIO TAPE RECORDER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA AUDIO TAPE RECORDER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Audio tape recorder dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa tunanetra kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta. dan berapakah tingkat signifikansi kemampuan menyimak siswa yang diperoleh dalam pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan media audio tape recorder. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan pengambilan data secara keseluruhan tidak menggunakan metode sampling karena jumlah siswa sebagai subyek penelitian dalam satu kelas hanya 8 siswa, yaitu kelas VIII yang terdiri dari 4 siswa dan 4 siswi yang mengalami tunanetra atau tidak berfungsinya saluran optik sehingga harus diterapkan suatu metode pembelajaran dengan media yang sesuai. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan menyimak, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument yang berupa butir soal dengan menggunakan program ANATES dan untuk menganalisis datanya dengan membandingkan antara nilai rata-rata antara pretes dan pos tes masing-masing siklus. Data yang berupa hasil observasi dianalisis menggunakan rumus IKK (indek kesesuaian kasar) antara 2 observer dan dilakukkan pengkategorian untuk masing-masing siswa dilihat dari perhatian dan keaktifan siswa selama dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media audio tape recorder dapat digunakan sebagai salah satu model pengembangan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Arab siswa tunanetra. Model pembelajaran dengan menggunakan metode interaktif dalam kelas dapat menciptakan pola pembelajaran banyak arah, antara siswa dengan narator, antar siswa maupun siswa dengan guru. Perbandingan nilai rata-rata tes kemampuan menyimak antara pre test dan postes siklus I adalah 7.75 menjadi 8.88 sehingga selisihnya 1.13, dan pada siklus II perbandingan pretes dan postes yaitu 6.0 menjadi 8.0 selisih keduanya yaitu 2.0 Jadi, pengembangan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media audio tape recorder dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa tunanetra terutama dalam kemampuan mengidentifikasi bunyi huruf Arab, mampu menirukan dan memahami teks yang diperdengarkan, dan mampu mengungkapkan kembali teks yang didengar melalui media tape recorder dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Audio Tape Recorder, Pembelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Menyimak Siswa Tunanetra
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:30
Last Modified: 05 Apr 2017 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item