DAMPAK UJIAN NASIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XII MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NURJAYANTI NIM. 06410137, (2010) DAMPAK UJIAN NASIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XII MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya Ujian Nasional yang hanya mengujikan enam mata pelajaran di MAN Sabdodadi Bantul menimbulkan kesan bahwa mata pelajaran lain terabaikan karena sekolah lebih memfokuskan kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan dalam Ujian Nasional. Pihak sekolah memberikan perlakuan berbeda untuk mata pelajaran yang diujian nasionalkan dengan mata pelajaran lainnya.Pemilihan beberapa mata pelajaran saja yang diujikan dalam Ujian Nasional bisa misleading, karena secara tidak langsung merefleksikan bahwa mata pelajaran non Ujian Nasional kurang penting. Padahal peserta didik tidak bisa hidup hanya dengan beberapa mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan saja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Persiapan yang dilakukan dalam menghadapi Ujian Nasional di MAN Sabdodadi Bantul tahun pelajaran 2009/2010. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII MAN Sabdodadi Bantul tahun pelajaran 2009/2010.3)dampak Ujian Nasional terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII MAN Sabdodadi Bantul tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di MAN Sabdodadi, dan peserta didik kelas XII. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan:1)Persiapan yang dilakukan MAN Sabdodadi Bantul dalam menghadapi Ujian Nasional adalah: Pihak sekolah melengkapi buku-buku paket untuk kelas XII terutama buku paket mata pelajaran yang akan diujian nasionalkan,melengkapi kebutuhan laboratorium, mengadakan les yang dilaksanakan setiap hari yaitu setelah jam pelajaran terakhir selama satu jam pelajaran,mengadakan les pada masa libur sekolah bagi kelas XII. Peserta didik mengikuti les yang diadakan oleh sekolah, mengikuti les privat diluar sekolah, menambah waktu belajar dirumah dan belajar kelompok. 2) Motivasi belajar peserta didik kelas XII terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurang baik karena peserta didik lebih mengutamakan belajar mata pelajaran yang diujian nasionalkan daripada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Dampak Ujian Nasional terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII MAN Sabdodadi Bantul tahun pelajaran 2009/2010 yaitu: Dengan adanya Ujian Nasional peserta didik lebih giat belajar mata pelajaran yang akan diujikan dari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII menurun hal ini diperoleh dari hasil wawancara dan didukung hasil angket yang telah diberikan, Pengamalan Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII dalam kehidupan sehari-hari meningkat yaitu peserta didik menjadi rajin beribadah dalam mempersiapkan Ujian Nasional, Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terabaikan karena peserta didik lebih konsentrasi pada pelajaran yang akan diujian nasionalkan, Sekolah lebih mengutamakan kelengkapan sarana dan prasarana pada mata pelajaran yang diujikan dari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Dampak ujian Nasional, Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item View Item