METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

RADHIAH NIM 05420044, (2010) METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (CLASSROOM ACTION RESEARCH))
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (CLASSROOM ACTION RESEARCH))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengajaran membaca bahasa Arab kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dan tingkat keberhasilannya dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa dalam membaca bahasa Arab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan guru bahasa Arab SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun proses penerapan metode membaca dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi dapat mempermudah siswa dalam membaca bahasa Arab. Karena kedua strategi tersebut diterapkan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karena jenis penelitian ini mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat indikator keberhasilan proses dan hasil pembelajaran yang terjadi pada siswa. Proses pembelajaran membaca bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai post test yang diberikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta berhasil dengan nilai yang memuaskan yaitu nilai rata-rata 8,98 pada siklus pertama dan 9,2 pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi M.M.
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode membaca, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Aug 2012 22:07
Last Modified: 05 Apr 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4341

Actions (login required)

View Item View Item