KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

RITA WULANDARI NIM. 04471194-03, (2010) KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview
[img] Text (KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah Di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, (2) Upaya dan Teknik-teknik supervisi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar, (3) Hasil yang dicapai atas usaha dari kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penulis mengadakan interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: (1) pelaksanaan supervisi di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta khususnya yang berkaitan dengan usaha peningkatan profesionalisme guru PAI, adalah kepala sekolah sudah melaksanakanan program supervisi akademik dan supervisi klinis. Berbagai upaya peningkatan dan pengembangan profesional guru telah diusahakan. yaitu misalnya dalam penguasaan materi, pemilihan metode dan media. Kepala sekolah mengobservasi kelas secara langsung, mengamati cara guru mengajar. Apakah guru sudah menguasai materi atau belum, mengamati media dan metode yang digunakan. Di samping itu memiliki program yang lain yaitu diadakan diskusi, MGMP, rapat guru, melihat RPP dan silabus. Sedangkan program supervisi klinis adalah kepala sekolah sebagai supervisor membantu dan membina para guru yang mengalami permasalahan dalam proses belajar mengajar, tujuannya supaya permasalahan yang sedang dihadapi dapat terpecahkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. (2) Upaya dan teknik-teknik yang digunakan adalah teknik individu dan teknik kelompok. Teknik individu antara lain kunjungan kelas, observasi dan percakapan pribadi. Sedangkan teknik kelompok yaitu rapat guru, dan lokakarya (3) Hasil yang dicapai dalam upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI adalah kepala sekolah sudah menjalankan program supervisi akademik dan klinis dan terdapat beberapa guru PAI kurang profesional dalam mengajar. Hal ini dapat penulis lihat pada saat penulis melakukan observasi kelas mengamati cara guru PAI mengajar di kelas. Misal terdapat beberapa guru PAI masih datang terlambat, kurang bisa mengelola kelas dengan baik, kurangnya media pembelajaran, metode yang digunakan masih monoton dan kurang menguasai materi. Di samping itu juga penulis menginterview beberapa siswa, mereka berpendapat bahwa beberapa guru PAI cara mengajarnya membuat bosan, ngantuk dan jenuh. Tetapi beberapa guru PAI cara mengajarnya sudah menggunakan TI, membuat jadi semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan supervisi. Profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Aug 2012 21:17
Last Modified: 17 Mar 2017 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item