MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI CERITA ISLAMI (Telaah Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid)

SLAMET UNTORO NIM. 02411209, (2010) MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI CERITA ISLAMI (Telaah Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI CERITA ISLAMI (Telaah Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid))
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1287Kb)
[img] Text (MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI CERITA ISLAMI (Telaah Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121Kb)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kecerdasan spiritual merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali potensi fitrah dalam dirinya karena fitrah adalah akar ilahiyah yang telah diberikan Allah SWT sejak ditiupkannya ruh kedalam rahim ibu. Dalam wacana Islam kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang bersumber dari fitrah manusia itu sendiri. Kecerdasan spiritual ini akan aktual jika manusia hidup berdasar dan misi utamanya yakni sebagai 'abid dan kholifah Allah SWT di bumi. Karena kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia maka akan lebih optimal pengembangannya ketika mulai diasah sejak dini atau mulai usia anak-anak karena pada usia ini anak akan mulai mengalami perubahan metabolisme baik dalam sifat dan frekuensi motorik kasar dan halusnya. Ternyata bahwa kecakapan motorik ini makin disesuaikan dengan keleluasaan lingkungan dan disinilah nanti peran penting cerita Islami akan tampak dalam membantu meningkatkan kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui sumber literer (kepustakaan) yaitu menelaah Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid sebagai sumber primer dan buku-buku lain sebagai bahan pendukung, dan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, analisis datanya menggunakan metode analisis isi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai Spiritual Quotient (SQ) yang terdapat dalam buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid serta bagaimana upaya implementasinya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi kontribusi bagi pengembangan pendidikan Islam khususnya untuk anak-anak ke depan, minimal dapat memberikan alternanif bagi pengembangan kecerdasan spiritual anak yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Dalam Buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid terkandung nilai-nilai SQ, secara terinci seperti nilai-nilai SQ konsep Ary Ginanjar Agustian dalam bukunya, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 Rukun Islam, meski tidak secara menyeluruh. Konsepnya yaitu: sebagai langkah pertama, Zero Mind Process yang merupakan penjernihan emosi (Terdiri dari: kekuatan Prinsip, Anggukan Universal, Kesadaran diri, Star principle) yang terdapat dalam cerita gunung tikus,Singa dan Musang,Buaya dan Penunggang Unta, Orang Kaya dan Orang Miskin, Putri Siti Hasna dan Pangeran Haidar,Tukang Sepatu dan Jin, Singa dan Tikus. Langkah kedua, personal strength,merupakan ketangguhan pribadi yang nantinya mengokohkan diri (terdiri dari:Penetapan Misi, Pembagunan Karakter, Pengendalian diri dan tanggung jawab) yang terdapat dalam cerita Tiga Ekor Kambing,Singa Dan Musang, Aladin Dan Lampu Ajaib, Abdulah Singa Dan Tikus, Tukang Sepatu Dan Jin, Sedangkan langkah ketiga atau yang terakhir yaitu Sosial Strength yaitu ketangguhan sosial, dimana seorang bisa membangun team work secara bagus, hubungan dengan sesama baik, dilandasi keimanan kepada Allah SWT yang terdapat dalam cerita Tiga Ekor Kambing, Abdulah Si Pemburu, Buaya Dan Penunggang Kuda, Putri Siti Hasna Dan Pangeran Haidar, Orang Kaya Dan Orang Miskin. 2) Nilai-nilai SQ dalam buku Mendidik Dengan Cerita Karya Dr. Abdul Aziz Abdul Majid dapat diimplementasikan dalam Pendidikan Islam sebagai variasi dalam media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak sehingga mudah untuk diserap ilmunya oleh anak didik. Penyampaiannya melalui keluarga, sekolah dan TPA (Taman Pendidikan Al Qur'an). Materinya mencakup keimanan dan akhlak mahmudah kepada orangtua dan kepada sesama. Metode yang digunakan dengan membaca, story telling (bercerita/berdongeng), Acting Out atau bermain peran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual, Cerita Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 14:55
Last Modified: 14 Aug 2012 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item