PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MTs N MLINJON FILIAL TRUCUK KLATEN

SRI LESTARI NIM. 06470041, (2010) PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MTs N MLINJON FILIAL TRUCUK KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MTs N MLINJON FILIAL TRUCUK KLATEN)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MTs N MLINJON FILIAL TRUCUK KLATEN)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keadaan sertifikasi di MTs N Mlinjon Filial Trucuk, bagimana keadaan kinerja guru sebelum sertifikasi dan bagaimana pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sertifikasi di MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten dilaksanakan di bawah naungan Departemen Agama, guru yang telah lulus sertifikasi di MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten adalah 12 guru baik dari mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum. Guru-guru yang didata dan diajukan untuk mengikuti sertifikasi berasal dari guru yang sudah PNS maupun yang masih termasuk guru non PNS. Sebagian besar guru-guru tersebut lulus melalui jalur diklat dkarenakan ada faktor yang belum dapat dipenuhi oleh guru-guru MTs N Milnjon Filial Trucuk, faktor tersebut adalah bahwa guru harus membuat buku atau modul untuk mata pelajaran yang diampunya.Guru yang lulus sertifikasi memiliki kemampuan yang berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh para guru (2) Kinerja guru sebelum sertifikasi belum begitu maksimal guru membuat RPP bersama-sama dengan MGMP, ketika mengajar para guru masih menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media pembelajaran dan strategi pembelajaran. Guru belum memenuhi jam mengajar 24 jam, evaluasi diadakan belum secara rutin yaitu setelah selesai satu kali materi dan belum mengadakan remidi ketika ada siswa yang belum mencapai KKM.(3) Sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten dengan indikator sebagai berikut (a)Membuat Rencana Pembelajaran dan silabus untuk satu semester secara mandiri (b)Mengajar 24 jam dan jika di satu sekolah belum memenuhi mengajar di sekolahan lain(c)Menggunakan strategi dalam metode pembelajaran ketika proses belajar mengajar(d)Menggunakan metode pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dimiliki (e)Mengadakan evaluasi rutin setiap minggunya (f)Mengadakan remidi jika ada siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dari 12 guru tersebut telah mencapai indikator seperti di atas maka sertifikasi dikatakan berpengaruh terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, m.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:19
Last Modified: 17 Mar 2017 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item