IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. NEGERI SLEMAN KOTA KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA ( TELAAH ATAS METODE PEMBELAJARAN ) TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

SUWARTINI NIM. 0547 0076, (2010) IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. NEGERI SLEMAN KOTA KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA ( TELAAH ATAS METODE PEMBELAJARAN ) TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. NEGERI SLEMAN KOTA KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA ( TELAAH ATAS METODE PEMBELAJARAN ) TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (848kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. NEGERI SLEMAN KOTA KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA ( TELAAH ATAS METODE PEMBELAJARAN ) TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Implementasi KTSP Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII, di Mts. N Sleman Kota Yogyakarta. Adapun metode pembelajaran yang digunakan oleh guru aqidah akhlak masih bersifat konvensional yaitu, dengan mengunakan metode ceramah. Intensitas penggunaan suatu metode secara berkesinambungan tanpa adanya variasi metode yang lain akan membuat siswa cepat bosan / jenuh dalam belajar di kelas. Sehingga hal ini belum sepenuhnya sesuai dengan harapan KTSP. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menberikan kontribusi dalam pengembangan dunia pendidikan, sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan terutama dalam pengembangan kurikulum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif disertai dengan penguatan data kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengumpulkan informasi mengenai keadaan saat ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII A, dan 41 siswa kelas VIII A MTs. N Sleman Kota. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Implementasi KTSP yang dikembangkan oleh MTs. N Sleman Kota adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan di susun oleh para steakholder di bawah bimbingan dan arahan dari Kanwil DEPAG yang dilaksanakan oleh MTs. N Sleman Kota sebagai kurikulum pendidikan, sedangkan konsep KTSP dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah sebuah perangkat silabus, struktur kurikulum yang dikembangkan dan disusun oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak berdasarkan KTSP MTs. N Sleman Kota dan dilaksanakan oleh guru sebagai pedoman pembelajaran. 2. Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII A guru menggunakan metode ceramah, metode diskusi,metode tanya jawab, dan metode penugasan. Di tinjau dari aspek metode pembelajarannya Bapak Sudaryono, B. A dalam menyampaikan materi pelajaran belum sepenuhnya mampu membangkitkan motivasi belajar siswa dalam belajar Aqidah Akhlak. Hal ini dikarenakan penggunaaan metode pembelajarannya yang masih bersifat konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah. 3. Faktor penghambat terhadap keberhasilan KTSP terdiri dari 3 faktor, yaitu : a. Faktor Guru guru kurang bisa menerapkan metode pembelajaran yang ada yang mampu mengajak siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, b. Faktor Siswa sebagian siswa cenderung belum dapat berperab aktif dalam pembelajaran, c. Faktor Sumber belajar dan Media terbatasnya fasilitas pendukung dan sumber belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nurrohmah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi KTSP , Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Aug 2012 13:56
Last Modified: 17 Mar 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item View Item