PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010

SYUKRAN NIM. 06420014, (2010) PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bentuk pembelajaran secara umum saat iniyang masih konensional dan secara khusus pembelajaran bahasa Arab di kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sehingga pembelajaran yang selama ini terasa menonton dan berakibatkan pada prestasi belajar bahasa Arab siswi kelas IV B yang dirasakan kurang dan serta perlu adanya upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab melalui penggunaan Macromedia Flash 8 bagi siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan Macromedia Flash 8 pada proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta yang berjumlah 17 siswi. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua Siklus. Siklus I dengan materi dan Siklus II dengan materi. Instrument yang digunakan selama pengambilan data adalah obserasi, panduan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dekriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan menggunakan prosentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penggunaan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dilaksanakan dalam dua Siklus. Sebelum tindakan, dilakukan observasi awal untuk mengetahui kondisi pembelajaran dan proses didalamnya. Setiap Siklus akan diiringi oleh 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari dua Siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran bahasa Arab ini berjalan dengan lancar dan membawa dampak positif bagi prestasi siswi. (2) peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswi cukup tinggi ini dibuktikan dari rata-rata hasil pre tes sebesar 7.33 dan nilai pos tes sebesar 9.33 ini berarti ada peningkatan sebesar 2. Pada Siklus II, hasil prestasi belajar semakin mengalami peningkatan, yaitu nilai nilai pre tes sebesar 7.87 dan nilai pos tes sebesar 9.5 pada Siklus II ini prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 1.65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nurhadi, M. A.
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash 8 , Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:32
Last Modified: 05 Apr 2017 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item