PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 06 GLONDONG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

SITI NGALIFAH NIM. 06470015, (2010) PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 06 GLONDONG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 06 GLONDONG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 06 GLONDONG TIRTOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (250kB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakansalah satu kecerdasan yang paling penting bagi manusia yang seharusnya terus dilatih, dikelola dan dikembangkan. Karena kecerdasan emosi memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan kehidupan manusia. Sehingga manusia yang rentan terhadap ketidakbahagiaan jiwa akan memiliki peluang untuk mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar di dalam menjalani kehidupannya. Tetapi kenyataan sekarang ini orang tua lebih senang melihat anaknya cerdas di dalam intelektualnya dan mengabaikan kecerdasan emosional anak. Akibatnya anak cenderung susah di dalam mengendalikan emosionalnya dan meghadapi kehidupan sehari-harinya. Banyak sekali metode-metode untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak, misalnya musik yang menjadi temuan baru yang cukup dikenal banyak lingkungan masyarakat yang mana di dalam pandangan masyarakat masih menjadi simpang siur tentang kebenaran musik tersebut. Meski sudah ada yang meneliti atau menguji kebenaran musik, namun peneliti akan melakukan penelusuran secara mendalam terhadap dampak metode tersebut dengan Ekperimentatif, dengan demikian suatu metode bisa diketahui segi positif dan negatifnya bagi emosi anak. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatifkuantitatif. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh musik klasik bagi kecerdasan emosional anak seberap besar perbedaan yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan. Sementara itu, pendekatan kualitatif sebagai pengukur bagaimana hubungan antara musik klasik dengan kecerdasan emosional. Cara pengambilan sampel menggunakan random assignment, serta rumus yang digunakan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh musik klasik dan hubungan musik klasik dengan menggunakan rumus ttest. Berdasarkan hasil penelitian uji t hitung ada tidaknya pengaruh musik klasik adalah 2.931. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 1% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada uji eksperimen musik kasik terhadap kecerdasan emosional anak ( t hitung t tabel ) yakni 2.931 2.88. Perbedaan hasil penelitian uji t hitung kontrol adalah 0.316 (0.316 2.26) sedangkan nilai t hitung eksperimen adalah 2.438 (2.438 2.26). Jadi jika dilihat dari taraf signifikansi 1%, kelompok kontrol tidak terjadi perubahan sebelum dan sesudah treatmen. Sedangkan untuk kelompok eksperimen terjadi perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah treatmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Musik Klasik , Kecerdasan Emosional Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:14
Last Modified: 17 Mar 2017 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item