INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA

SITI NUR ROHMAWATI NIM. 03470646, (2010) INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID PADA MATAPELAJARAN SAINS DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang integrasi nilai-nilai tauhid pada rencana pembelajaran matapelajaran sains dan bentuk integrasinya pada pembelajaran matapelajaran sains. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi, perbaikan, dan pengembangan integrasi nilai-nilai tauhid pada materi pelajaran dan implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu integrasi nilai-nilai tauhid pada matapelajaran sains di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, integrasi nilai-nilai tauhid pada rencana pembelajaran matapelajaran sains di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta adalah Nilai-nilai tauhid yang ada pada rencana pembelajaran materi pelajaran sains yang dipergunakan di SDIT Hidayatullah Yogyakarta ialah dengan menggunakan bentuk kajian verifikasi yaitu mengungkapkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang menunjang dan membuktikan kebenaran-kebenaran ayat-ayat al- Qur'an. Nilai-nilai tauhid yang ada pada meteri pelajaran sains meliputi tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah, dan tauhid asma' wa sifat. Kedua, Bentuk integrasi nilai-nilai tauhid pada pembelajaran mata pelajaran sains, ialah bentuk integrasi keilmuan berbasis tasawuf. Pembentukan ruhiyah Islamiyyah yang dilakukan pada kegiatan belajar ialah dengan menyampaikan Ulumuddin (ilmu pengetahuan Agama) kepada para siswa. Materi Ulumuddin yang diberikan adalah materi dasar. Hal tersebut mengingat peserta didik berada pada jenjang usia menuju baligh,sehingga lebih banyak diberikan materi yang bersifat pengenalan menumbuhkan keyakinan.Dengan demikian,diharapkan peserta didik memiliki landasan keimanan yang kuat yang dihasilkan atau terlahir dari proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integrasi nilai-nilai tauhid , pembelajaran mata pelajaran sains
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Aug 2012 21:06
Last Modified: 17 Mar 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum