PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010

PRASTIWI NUR AMIN NIM. 06420078, (2010) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (792Kb)
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KOKAP KULON PROGO TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)

Abstract

SMP Muhammadiyah 3 Kokap merupakan lembaga pendidikan formal yang berada di bawah yayasan Muhammadiyah dan merupakan amal usaha Muhammadiyah di Ranting Hargomulyo. Dari yayasan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta menetapkan bahwa semua SMP yang berada di bawah yayasan Muhammadiyah diberikan mata pelajaran mulok utama, yaitu Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab yang disingkat ISMUBA. Dengan melihat latar belakang siswa dari segi keagamaan yang sangat kurang, maka untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat sulit. Maka dengan diadakannya pelajaran bahasa Arab akan dapat membantu siswa mempelajari al-Quran dan mengenal bahasa Arab. Permasalahan yang ada di SMP Muhammadiyah 3 Kokap kaitannya dengan mata pelajaran bahasa Arab, para siswa belum menguasai al-Quran, masih binggung membedakan huruf-huruf hijaiyah, cara menuliskan kalimat Arab, dan untuk pengkondisian siswa yang sulit. Di samping itu pendidik yang mengampu mata pelajaran bahasa Arab berlatar belakang akademiknya bukan pada bidang bahasa Arab, serta kedudukan guru bahasa Arab di sekolah tersebut untuk menamabah jam mengajar, sehingga dalam mengajarkan bahasa Arab kepada siswa kurang maksimal. Padahal peranan guru bahasa Arab sangat diperlukn bagi siswa untuk keberhasilan belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kokap Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berupa menggambarkan dan menganalisis fenomena yang ada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terhadap proses pembelajaran,wawancara dengan siswa, guru bahasa Arab, kepala sekolah, dan guru terkait.Kemudian mengadakan penyebaran angket kepada siswa sebagai data pendukung dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa siswa dan para guru bahasa Arab. Analisis data yang digunakan adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas VII SMP Muhammadiayah 3 Kokap mempunyai rasa antusias untuk mempelajari bahasa Arab, selain itu usia mereka masih mudah untuk dikendalikan, pendidik bahasa Arab kurang dalam pengalaman mengajar bahasa Arab, namun realita di lapangan ada beberapa problem yang dihadapi yaitu problem linguistik, metodologis, dan sosiologis. Beberapa solusi yang sementara dilakukan untuk meminimalisir diantaranya: mengadakan jam tambahan baca tulis Al-Quran dan Iqro dengan memilih secara selektif siswa yang belum mampu. Mengenalkan dialek orang arab melalui CD player agar siswa semakin termotivasi belajar bahasa Arab, serta menekankan siswa minimal dapat membaca kontek bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab , proses pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 09:35
Last Modified: 15 Aug 2012 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item