UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA

MOHAMMAD SAEFUL AMRI - NIM. 05430030, (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII B SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII B SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan penggunaan alat peraga matematika pada siswa kelas VIII B di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta pada tahun ajaran 2008/2009. Jumlah siswa kelas VIII B sebanyak 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam empat siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009 dan obyeknya adalah prestasi belajar bangun ruang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar kerja lapangan, angket, soal tes, dan dokumentasi. Data aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung diperoleh melalui observsi. Setelah pembelajaran selesai siswa diminta untuk mengisi lembar angket tentang proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Data yang diperoleh setian siklusnya dianalisis secara diskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengamatan kemudian didiskusikan dengan guru bidang studi yang hasilnya menjadi acuan untuk tindakan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi pada keempat siklus, ternyata secara keseluruhan aktivitas belajaran siswa mengalami peningkatan dan tingkat ketercapaian proses pembelajaran matematika berada di atas standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar 65% dan mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Sementara hasil yang telah dicapai rata-rata adalah 69,92%. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, meskipun hasil belajar siswa pada awal siklus masih di bawah kreteria ketuntasan minimal, yaitu pada silkus I sampai siklus III, akan tetapi pada siklus IV presatai siswa meningkat. Hasil tes dari awal materi sampai akhir materi bangun ruang, ternyata hasilnya menunjukkan bahwa siswa telah mencapai target kriteria ketuntaasan minimum untuk materi bangun ruang, yaitu sebesar 79,80%, sedangkan kreteria ketuntasann minimun untuk materi bangun ruang di SMP IT Abu Bakar adalah 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Ibrahim, S. Pd. M. Pd, 2. Mohammad Mukhlisin, S. Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar bangun ruang, kooperatif tipe Jigsaw, dan alat peraga matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 12:16
Last Modified: 14 Dec 2016 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item