PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

YENTI ELYANI - NIM. 05470052, (2010) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Di MTsN Karangmojo Gunungkidul, pelajaran Baca Tulis al-Qur'an (BTQ) merupakan salah satu pelajaran pengembanagan diri yang wajib diikuti oleh semua siswa, karena MTsN tersebut merupakan lembaga pendidikan yang berwawasan Islam, yang mana semua siswa setelah lulus dari MTsN tersebut diharapkan bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan benar, akan tetapi di MTsN ini mempunyai permasalahan, yaitu para siswa kurang bersemangat didalam belajar Baca Tulis al-Qur'an (BTQ). Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui motivasi belajar BTQ di MTsN Karangmojo (2) Untuk mengetahui peranan guru BTQ dalam meningkatkan motivasi belajar BTQ pada siswa kelas VII MTsN Karangmojo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis terhadap data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk analisis terhadap data kuantitatif dengan perhitungan prosentase menggunakan rumus P =f/N X 100 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Motivasi siswa dalam belajar BTQ termasuk dalam kategori kurang, Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar Baca Tulis al-Qur'an (BTQ) di MTsN Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta yaitu faktor Eksternal (asal sekolah, lingkungan keluarga, dan kreativitas guru). Faktor Internal (tingkat kecerdasan, sikap, minat, dan motivasi siswa). (2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Baca Tulis al-Qur'an (BTQ) yaitu, selalu memberikan tugas, memberikan dorongan agar siswa belajar dengan sungguh-sungguh, dan selalu memberikan nasehat kepada siswa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Namun upaya ini belum optimal, karena belum memenuhi kebutuhan siswa. Untuk mengoptimalkan peranannya sebagai motivator dalam pembelajaran BTQ, guru perlu menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan pujian terhadap siswa yang berprestasi, menciptakan suasana yang menyenangkan, membangkitkan minat siswa untuk selalu belajar, memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa, mengadakan kompetisi antar siswa, dan memberikan hukuman yang mendidik.Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar (kemampuan guru dalam mengajar, fasilitas Madrasah dan kerja sama dengan wali murid) Faktor penghambat (Minimnya waktu yang ditentukan, minimnya alat/sumber pembelajaran, tidak adanya guru pendamping, jumlah siswa setiap kelas melebihi kapasitas, dan evaluasi pembelajaran tidak pasti).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru , Motivasi Belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Sep 2013 02:29
Last Modified: 17 Mar 2017 06:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item